Tanggal 14 Juli 2024
Waktu Standar Indonesia
BMKG Provinsi Banten
Cepat, Akurat, dan Mudah Dipahami

BBMKG Wilayah II Selenggarakan Upacara Peringatan Hari BMKG ke-76

BMKG Provinsi Banten > Berita > BBMKG Wilayah II Selenggarakan Upacara Peringatan Hari BMKG ke-76

Daftar Isi

Seluruh jajaran staff di bawah koordinasi BBMKG Wilayah II khususnya, dan BMKG pada umumnya, diminta untuk terus bergerak maju dan tumbuh bersama untuk memainkan peran penting mewujudkan Indonesia yang selamat. Hal ini ditegaskan Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah II, Hartanto, dalam sambutan dan arahan upacara memperingati Hari Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ke-76 di halaman Kantor BBMKG Wilayah II, Tangerang Selatan, Jum’at (21/7).

“Tema “Melaju Bersama BMKG untuk Indonesia Maju dan Selamat” pada peringatan HMKG ke-76 tahun 2023 ini mencerminkan tekad dan semangat kita untuk terus maju, tumbuh, dan memberikan yang terbaik bagi negara kita, Indonesia tercinta” terang Hartanto.

Ia juga menegaskan bahwa, melaju bersama BMKG bukanlah tentang individu yang bergerak maju, tetapi tentang kita semua sebagai satu kesatuan yang bergerak bersama. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa BMKG memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keselamatan bangsa Indonesia dari berbagai ancaman alam, terutama terkait cuaca ekstrem dan bencana geofisika.

“Ada beberapa tugas dan peran penting kita. Pertama, memberikan informasi peringatan dini yang akurat kepada masyarakat, pemerintah, dan lembaga terkait dengan dukungan teknologi yang canggih. Kedua, Menyediakan prakiraan cuaca harian dan jangka panjang yang akurat untuk berbagai daerah di Indonesia agar masyarakat dapat mempersiapkan diri dan mengurangi risiko kecelakaan atau kerugian akibat cuaca ekstrem” lanjut Hartanto.

Selanjutnya yang ketiga adalah memberikan layanan khusus kepada sektor industri dan pelayanan publik seperti bandara, pelabuhan, dan sektor energi untuk membantu pengambilan keputusan yang tepat terkait operasional dan keselamatan. Yang terakhir, dalam rangkaian upacara yang diikuti oleh semua staff BBMKG Wilayah II dan Satuan Kerja dibawah koordinasi BBMKG wilayah II yang berada di Banten dan sekitarnya. Ini beliau juga berpesan pentingnya pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan dan pelatihan yang berkelanjutan. Pengembangan ini dilakukan melalui pendidikan formal, pelatihan tematik, riset dan penelitian, kolaborasi regional bahkan internasional.

“Tetaplah bersatu dalam semangat kebersamaan, menghargai keragaman, dan menghormati sesama. Jadikanlah acara HMKG ke-76 ini sebagai wadah untuk mengejar mimpi, memperluas batas diri untuk terus melaju dan merajut kenangan tak terlupakan bersama – sama” tutupnya.

Bagikan Berita ini melalui :