Tanggal 14 Juli 2024
Waktu Standar Indonesia
BMKG Provinsi Banten
Cepat, Akurat, dan Mudah Dipahami

Peningkatan Pemahaman Informasi di Kalangan Nelayan: Stasiun Meteorologi Klas I Maritim Tanjung Priok selenggarakan SLCN di Indramayu

BMKG Provinsi Banten > Berita > Peningkatan Pemahaman Informasi di Kalangan Nelayan: Stasiun Meteorologi Klas I Maritim Tanjung Priok selenggarakan SLCN di Indramayu

Daftar Isi

Sebagai sarana memperkuat distribusi dan meningkatkan pemahaan informasi cuaca dan iklim dikalangan nelayan, Stasiun Meteorologi Kelas 1 Maritim Tanjung Priok selenggarakan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN). Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Indramayu, Rabu (21/6).

Sebanyak 100 peserta yang berasal dari nelayan daerah Indramayu hadir dalam acara tersebut. Kepala Balai Besar MKG Wilayah II, Hartanto, S.T., M.M., turut serta menghadiri kegiatan tersebut.

“Semoga kegiatan ini dapat membantu Nelayan untuk mendapatkan informasi cuaca dan iklim. Nelayan mampu menggunakan informasi tersebut secara tepat, khususnya yang berhubungan dengan kegiatan perikanan. Baik di pesisir maupun di laut yang dapat meningkatkan keselamatan nelayan” terang Guswanto, M.Si selaku Deputi Bidang Meteorologi BMKG dalam sambutan sekaligus membuka acara.

Modul pembelajaran dalam kegiatan SLCN ini antara lain: pengenalan unsur cuaca, iklim, dan kelautan; memahami produk informasi cuaca dan iklim dalam kegiatan perikanan; dan akses informasi meteorologi kelautan.

Menurut Retno Widyaningsih, S.Kom., M.Si., Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Maritim Tanjung Priok menegaskan bahwa SLCN ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang informasi cuaca kelautan. Selain itu juga dapat meningkatkan keselamatan melaut dan meningkatkan produktivitas nelayan.

Bagikan Berita ini melalui :