Tanggal 14 Juli 2024
Waktu Standar Indonesia
BMKG Provinsi Banten
Cepat, Akurat, dan Mudah Dipahami

Peringatan Hari Meteorologi Dunia Ke-74, BBMKG Wilayah II Selenggarakan OMIKLON 2024

BMKG Provinsi Banten > Berita > Peringatan Hari Meteorologi Dunia Ke-74, BBMKG Wilayah II Selenggarakan OMIKLON 2024

Daftar Isi

Dalam rangka peringatan Hari Meteorologi Dunia ke-74, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II mengadakan lomba cerdas cermat yaitu OMIKLON (Olimpiade Meteorologi dan Klimatologi Online) di lingkungan UPT BBMKG Wilayah II. Kegiatan ini dilaksanakan pada dua tanggal yaitu 25 dan 30 April 2024 secara hybrid. Peserta merupakan tim yang beranggotakan 3 orang pegawai dari UPT yang berada di lingkungan BBMKG Wilayah II.

Pelaksanaan OMIKLON 2024 diawali dengan babak penyisihan pada tanggal 25 April 2024 secara online melalui zoom dan disiarkan secara live streaming melalui kanal youtube BBMKG Wilayah 2. Peserta kegiatan pada babak penyisihan berjumlah 59 tim. Pada babak penyisihan sesi pertama (Top 10), terdapat 10 tim yang berhak melanjutkan ke sesi berikutnya antara lain Tim Pacak271, Antisiklonik, AYANI 1, Sukses, aokla271, Cetar, The Victory Club, Laskar Pelangi, ABF, dan Nanga Monarch. Pada babak penyisihan sesi kedua (Top 3), terdapat 3 tim yang berhak maju ke babak final yaitu Tim Nanga Monarch, ABF, dan Pacak271.

Babak final dilaksanakan pada tanggal 30 April 2024 secara hybrid yaitu online melalui live streaming kanal youtube BBMKG Wilayah 2 dan secara offline yang bertempat di Aula BBMKG Wilayah II. Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah II yang diwakili oleh Bapak Ariffudin selaku Ketua Tim Kerja Instrumentasi dan Kalibrasi, kemudian dilanjutkan dengan perkenalan ketiga tim, serta pembacaan peraturan perlombaan pada babak final.

Babak final terbagi menjadi 5 (lima) babak/sesi, yaitu babak Choose your Fighter (setiap tim menjawab 4 soal dengan bobot skor yang berbeda), babak Hang the Answer (2 orang perwakilan tim harus menebak kata dengan menyebutkan huruf yang tepat), babak Word Search (3 orang perwakilan tim mencari kata sesuai clue pada papan kata acak), babak Fast Board (terdiri dari 15 soal, dimana setiap tim harus secepat mungkin menekan bel sebelum menuliskan jawaban pada papan), dan Babak Call Out Numbers (Setiap tim berlomba-lomba untuk mendapatkan 5 pola baik secara vertikal, horizontal, atau diagonal pada papan angka dengan kolom angka 5×5).

Kegiatan ditutup dengan pengumuman pemenang OMIKLON 2024, dengan juara pertama diraih oleh Tim Nanga Monarch dari Stasiun Meteorologi Nangapinoh, juara kedua diraih oleh Tim ABF dari Stasiun Klimatologi Banten, dan juara ketiga diraih oleh Tim Pacak271 dari Stasiun Klimatologi Bangka Belitung.

Bagikan Berita ini melalui :