Tanggal 14 Juli 2024
Waktu Standar Indonesia
BMKG Provinsi Banten
Cepat, Akurat, dan Mudah Dipahami

Apa sih MKG?

BMKG Provinsi Banten > >

Tahukah Sobat BMKG jika setiap tanggal 21 Juli diperingati Hari Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (HMKG)?
Tapi, apakah kalian tahu istilah-istilah tersebut, guys?
Dalam kesempatan ini mimin terangin tentang apa dan bagaimana meteorologi, klimatologi dan geofisika yah!

Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari tentang gejala cuaca yang terjadi didalam atmosfer pada tempat yang relatif sempit dan waktu yang singkat (skala jam hingga harian). Misalnya fenomena petir, hujan, salju, kabut, angin kencang, antisiklon, badai pasir, badai tropis, tornado, dll.
Selanjutnya, apa sih yang dimaksud Klimatologi? Klimatologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kondisi rata-rata cuaca atau iklim, termasuk di dalamnya variasi, penyimpangan dan kualitas udara pada daerah yang luas dalam kurun waktu yang panjang hingga 30 tahun.
Contoh Fenomena Klimatologi, antara lain banjir, kekeringan, gelombang panas, kebakaran hutan, efek rumah kaca, dll.
Secara umum iklim di dunia dibagi menjadi empat macam lho! Yakni, iklim dingin, iklim sedang, iklim subtropis dan iklim tropis. Indonesia termasuk berada di iklim tropis lho. Di kesempatan lain mimin akan bahas lebih jauh soal iklim ini, terutama iklim di negara kita yang tropis hehe..

Jika sobat BMKG lihat lebih jauh, meteorologi lebih fokus mengkaji proses di atmosfer sedangkan klimatologi fokus mengkaji hasil akhir dari proses di atmosfer yah! Unsur pembentuk cuaca dan iklim, antara lain matahari, suhu udara, tekanan udara, kelembapan udara, awan, angin, dan hujan.Finally, Geofisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang bumi menggunakan kaidah fisika, termasuk gempabumi tektonik, tsunami, magnet bumi, tanda waktu, dan kelistrikan udara.
fenomena Geofisika sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari lho, guys! Misalnya, fenomena gerhana matahari, gempabumi, likuifaksi, gunung api, tsunami, dll.
Informasi MKG diperoleh melalui kegiatan pengamatan atau observasi. Data hasil observasi akan dikumpulkan, diolah dan dianalisis untuk menghasilkan informasi dan peringatan dini yang dapat disebarkan kepada masyarakat.

Selain itu, informasi MKG juga digunakan sebagai perumusan kebijakan, penelitian dan pengkajian oleh instansi atau pihak-pihak terkait yang berkaitan dengan bencana. Terlebih di Indonesia sangat rawan bencana, lho!
Selamat memperingati Hari Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ke-76!
Semangat Melaju Bersama BMKG untuk Indonesia Maju dan Selamat!

#bmkg
#bbmkg2
#bbmkgwilayah2
#hmkg76

Bagikan Infografis ini melalui :

Rincian Infografis