Tanggal 14 Juli 2024
Waktu Standar Indonesia
BMKG Provinsi Banten
Cepat, Akurat, dan Mudah Dipahami

Gempa Cianjur, Apa penyebabnya?

BMKG Provinsi Banten > >

Masih ingatkah sobat dengan tragedi gempa cianjur pada 21 November 2022 yg lalu?

Cianjur terletak pada zona seismisitas aktif berdasarkan peta aktivitas gempabumi yang dikeluarkan BMKG periode 2009 – 2020. Dalam sejarahnya, sebelum kejadian 21 November 2022, pada tahun 1844 sempat terjadi gempabumi merusak di Sukabumi, Jawa Barat. Selain itu, pada tanggal 19 April 1879, Bataviaasch Handelsblad mencatat pusat pergerakan gempa yang terletak sepanjang jalan pos utama antara Stasiun Cugenang dan pos Sukamantri.

Gempabumi Cianjur memiliki parameter gempabumi utama Cianjur berkekuatan M 5.6 terjadi pada 21 November 2022 pukul 13:21:10 WIB pada epicenter 6.84 LS – 107.05 BT dengan kedalaman kedalaman 11 KM. Gempabumi Cianjur merupakan jenis gempa tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu aktivitas sesar aktif pada zona sistem sesar Cimandiri. Epicenter terletak pada zona sumber gempa sesar aktif yang belum terpetakan.

Hingga 17 Juni 2023 tercatat 557 kejadian gempabumi yang terjadi di Cianjur dengan kekuatan magnitude antara 1.0 – 4.0

Zona sumber gempa sesar aktif yang belum terpetakan penyebab Gempabumi Cianjur oleh BMKG disebut dan dikenal dengan nama “Sesar Cugenang”.

Sudahkah kalian menjadi kader yang siaga dan tanggap gempabumi? Jangan sampai terpengaruh informasi yang nggak bisa dipertanggungjawabkan ya guys! Apabila terjadi gempabumi yang kuat, lakukan perlindungan diri dan evakuasi mandiri. Hindari bangunan yang rawan roboh dan daerah rawan longsor.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG, sobat bisa akses informasi tersebut melalui kanal resmi:
▪ Website: https://banten.bmkg.go.id/
▪ Youtube: Balai Besar MKG Wilayah II
▪ Facebook: Balai Besar MKG Wilayah II – BBMKG 2
▪ Twitter: @bmkgwilayah2
▪ Instagram: @bmkgwilayah2
▪ Tiktok: @bmkgwilayah2

#BMKG
#BBMKG2
#gempabumi
#gempacianjur

Bagikan Infografis ini melalui :

Rincian Infografis

Cuaca Buruk Yang Terjadi Sepanjang Bulan Juni 2023 Kawasan Banten