Tanggal 14 Juli 2024
Waktu Standar Indonesia
BMKG Provinsi Banten
Cepat, Akurat, dan Mudah Dipahami

Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Wilayah Provinsi Banten Untuk Tujuh Hari Ke Depan (03 – 10 Januari 2024)

BMKG Provinsi Banten > Siaran Pers > Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Wilayah Provinsi Banten Untuk Tujuh Hari Ke Depan (03 – 10 Januari 2024)

Daftar Isi

Dalam sepekan terakhir, cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin kencang turut memicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan angin puting beliung di beberapa wilayah di Provinsi Banten. Potensi hujan lebat dan angin kencang diprakirakaan masih akan terjadi dalam sepekan ke depan. Hal ini dikatakan Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II, Hartanto, Rabu (3/1).

“Adanya potensi hujan lebat dan angin kencang sesuai dengan rilis dari kami sebelumnya. BBMKG Wilayah II memonitor perkembangan kondisi cuaca dan iklim di wilayah Provinsi Banten yang saat ini menunjukkan adanya signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Provinsi Banten” terang Hartanto.

Lebih lanjut, beliau memaparkan beberapa fenomena atmosfer yang terpantau cukup signifikan dan dapat memicu peningkatan curah hujan di wilayah Provinsi Banten. Misalnya, Monsun Asia Musim Dingin yang diasosiasikan sebagai musim angin baratan mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia termasuk wilayah Provinsi Banten, sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari ini diprediksikan cukup intens. Selain itu, Aktifitas Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini sudah mulai memasuki wilayah Indonesia dan dalam sepekan kedepan.

“Aktifitas MJO ini secara tidak langsung dapat memicu peningkatan potensi hujan sedang-lebat di beberapa wilayah Indonesia, termasuk wilayah Provinsi Banten” lanjut Hartanto.

Selain hal tersebut, adanya aktifitas gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat. Kondisi tersebut cukup bertahan hingga lima hari kedepan sehingga dapat memperkuat peningkatan potensi hujan sedang-lebat di wilayah Provinsi Banten. Terbentuknya pola pertemuan angin dan belokan angin di sekitar wilayah Jawa juga berkontribusi terhadap cuaca ekstrim.

“Semua pihak perlu mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat hingga sepekan ke depan di beberapa wilayah. Pada siang hingga menjelang malam hari, potensi hujan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah Kabupaten Pandeglang bagian Utara,  Serang bagian Timur dan Selatan, Lebak bagian Timur dan Selatan, Tangerang bagian Selatan, serta Kota Tangerang Selatan” papar Hartanto.

Lebih lanjut, pada malam hingga dini hari, perlu diwaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah Kabupaten Tangerang bagian utara, Serang bagian Utara, dan Kota Cilegon.

“Masyarakat dan instansi yang terkait agar tetap waspada terhadap terjadinya bencana hidrometeorologis seperti genangan, banjir, tanah longsor, dan cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan  angin kencang. Terutama daerah bertopografi curam, berrgunung atau bertebing dan daerah rawan longsor” himbau Hartanto.

Hartanto menyarankan agar masyarakat dan stakehokder terkait untuk terus memantau informasi prakiraan dan peringatan dini cuaca dari BMKG. Informasi ini tersedia dalam bentuk lebih detail terkait potensi hujan lebat hingga level kecamatan yang dapat diakses di apps @InfoBMKG dan website https://bbmkg2.bmkg.go.id.

 

Tangerang Selatan, 03 Januari 2024

Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II

HARTANTO

Bagikan Siaran Pers ini melalui :